Anggaran Kebahagiaan

Psikologi / 5 June 2010

Kalangan Sendiri

Anggaran Kebahagiaan

Puji Astuti Official Writer
3840

Dalam sebuah artikel yang dirilis oleh Womens Health dikatakan bahwa membelikan diri Anda sesuatu yang mahal dapat meningkatkan mood Anda, namun hal ini hanya sementara saja. Bahkan Anda akan merasa semakin buruk setelahnya (apa lagi ketika tagihan kartu kredit telah datang).

Tetapi, ada cara bijaksana untuk menggunakan uang Anda – bahkan walaupun tidak banyak – hal tersebut akan membuat Anda bahagia lebih lama. Berdasarkan penelitian para ekonom dan psikologis hampir selama 25 tahun mereka menemukan bahwa ada hubungannya antara uang dan perasaan seseorang. Untuk itu Anda harus mengalokasikan dana untuk membuat Anda bahagia. Beberapa hal yang disarakan untuk menggunakan uang Anda adalah :

Liburan, termasuk perawatan spa.

Keluar dari rutinitas Anda sehari-hari, akan memberi Anda kesempatan untuk menjadi lebih bahagia lagi. Para peneliti menyatakan bahwa liburan bukan hanya memberi dampak bagi kebahagiaan yang pendek tetapi juga memberi dampak secara jangka panjang baik secara fisik dan mental.

Gunakan uang Anda untuk makeup dan pakaian.

Hal ini hanya sederhana, ketika Anda tampak baik maka Anda akan merasa baik.

Belilah sesuatu untuk kamar tidur atau ruang tamu Anda.

Secara umum, banyak orang suka membuat rumahnya tampak lebih baik. Namun jika membeli seuatu untuk dapur atau ruang tamu, hal itu tidak begitu berdampak seperti Anda membeli sesuatu untuk ruangan tidur. “Ruang tidur adalah tempat dimana Anda bisa rileks dan beristirahat,” demikian ungkap Denis Cauvier, Ph.D seorang konsulan.

Membership untuk tempat fitness

Anda pikir mungkin lebih suka sebuah treadmill untuk di ruangan santai Anda, namaun hal ini tidak sesuai dengan sebuah survey konsumen. 37 persen responden dari survey konsumen menyatakan bahwa mereka lebih suka menggunakan uang untuk keanggotaan fitness center daripada untuk membeli peralatan. Hal ini mungkin karena di tempat fitness Anda bisa bersosialisasi dengan orang lain sambil berolahraga.

Gunakan uang Anda untuk orang lain

Hasil dari sebuah percobaan ketika seseorang menggunakan uangnya untuk menolong atau sekedar mentraktir orang lain membuat orang tersebut merasa lebih bahagia di akhir harinya.

“Tidak ada yang lebih berkontribusi atas kebahagiaan kita daripada kemurahan hati,” demikian ungkap Tal Ben-Shahar, Ph.D seorang pengajar di Harvard dan penulis buku “Happier”.

Jadi, jika Anda ingin bahagia, ingatlah bahwa ketika Anda menggunakan uang Anda dengan bijak maka Anda akan lebih bahagia. Bahkan ketika Anda menggunakan uang Anda untuk menolong orang lain, Anda telah berkontribusi bagi kebahagiaan Anda.

Sumber : Yahoo.com
Halaman :
1

Ikuti Kami